Membuat path dari seleksi (selection tools)

Posted by agung in Desain (web & grafik), Tips & Trick

Sebenarnya ini tutorial yang benar-benar dasar sekali, tetapi terkadang masih banyak orang yang bertanya ke gw. Jadi gw tulis aja sekalian di blog…

Hasil gambar dari path akan menyerupai olahan gambar vector, meski hasil output filenya tetap file raster. Tetapi path yang di buat di Photoshop bisa juga di ekspor ke program vector seperti Illustrator atau Coreldraw.

Apa sih pengertian dan perbedaan antara vektor dengan bitmap (raster), monggo di liat di wikipedia 😀

Langkah-langkahnya adalah :

Langkah pertama:

  1. Buka gambar yang akan digunakan untuk latihan, usahakan gambar yang akan diolah mempunyai resolusi yang cukup tinggiContoh gambar
  2. Atur dan berkreasilah dengan filter atau efek-efek untuk menghasilkan hasil yang diinginkan, dan usahakan gambar yang nantinya akan dijadikan path berwarna hitam atau solid.
  3. Setelah gambar olahan yang diinginkan jadi, saatnya membuat path. Seleksi gambar yang akan dijadikan path, sebagai contoh saya akan mengambil gambar dengan warna dominan hitam diatas. Cara menyeleksinya pilih perintah SELECT - COLOR RANGE
  4. Lalu setelah layar dialog color range selection muncul, pilih SELECT modenya SHADOW karena kita ingin mengambil sampel warna yang paling gelap. Jika ingin mengambil warna yang paling terang pilihlah HIGHLIGHT, sedangkan jika ingin mengambil warna diantara terang atau gelap pilihlah MIDTONE
  5. Setelah itu tekan OK
  6. Gambar yang berwarna gelap akan terseleksi, sekarang waktunya melakukan seleksi yang masih aktif tadi menjadi path, aktifkan pallete path ( pilih menu WINDOWS - PATH )
  7. Lalu tekan tombol panah kecil di sudut kanan atas pallete, pilih MAKE WORK PATH
  8. Dan Path hasil seleksi dari gambarpun telah jadi, untuk menyimpan path tersebut caranya double klik atau klik dua kali pada nama pathnya, lalu ubah namanya sesuai keinginan kamu.
  9. Untuk mengisi warna path, kamu bisa menggunakan perintah FILL PATH WITH FOREGROUND COLOR yang letaknya tepat dibawah path yang telah kamu buat, tapi ingat warna foreground yang kamu inginkan telah terpilih juga jangan lupa bikin layer baru.
  10. Path yang telah jadi bisa kamu aplikasikan ke desain kamu sendiri…. selesai!

5 Responses to “Membuat path dari seleksi (selection tools)”

  1. tambenk said:

    Jun 14, 08 at 2:59 am

    MANTAB!!!!!
    Ga perlu lama2 lsg Save Page As…ehehehhe….
    Ditunggu tutorialnya yg laen bro…
    kl bs bikinin vector-nya logo BR dong…

    soal the albert ini lg gw hosting di tempat laen…dan statusnya msh 60%. doain smoga koneksinya lancar2 aja. Ntar kl finish gw inform lwt Y!M ato bs cek lsg di blog gw.

    muchas gracias lad…

  2. agungredsman said:

    Jun 16, 08 at 9:37 am

    Ok, deh gw doa’in berhasil…
    Untuk vector BR, ntar gw kirim filenya aja, gw dah punya kok 😉
    Tengkyu

  3. tambenk said:

    Jun 26, 08 at 9:36 am

    kirim ke imel gw aja ya bro…

    sori the albert kmrn putus…gagal…msh mikir cara yg cepat & tepat buat ng-uploadnya…

    tengkyahh…

  4. LA said:

    Oct 24, 10 at 3:59 pm

    liverpudlian juga ya bang ….

    sama gw juga

    pi blm dftr di big reds indo

  5. agung said:

    Sep 10, 12 at 8:13 am

    daftar dong, bny kemudahan loh, bny temen juga


Leave a Reply